Saturday, January 5, 2013

Anggaran Gaji PNS Tinggi 302 Daerah Terancam Bangkrut

Akibat gemuknya anggaran birokrasi, 302 daerah berpotensi mengalami kebangkrutan. Daerah-daerah tersebut mengalokasikan 50% anggarannya untuk belanja dan/atau gaji pegawai negeri. Bahkan ada 11 daerah 70% anggarannya untuk gaji pegawai.

Kondisi ini berpotensi mengakibatkan daerah-daerah tersebut terancam bangkrut, ungkap Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Yuna Farhan dalam konferensi pers di kantornya, Mampang, Jakarta, Jumat (4/1/2013)

Yuna menyebutkan, pertumbuhan belanja pegawai di pemerintah daerah pada periode 2007-2012 mencapai 19%. Sementara pertumbuhan belanja pusat hanya 17%.

Artinya pertumbuhan belanja lebih banyak dinikmati oleh pegawai manfaatnya tidak dinikmati oleh rakyat, jelasnya.

Selain itu, belanja pegawai besar juga disebabkan oleh kehadiran lembaga-lembaga non struktural semakin menjamur. Ini mengakibatkan komponen belanja pegawai semakin besar, ucap Yuna.

Ia menegaskan, jika kondisi ini dibiarkan dengan tergerusnya belanja publik dalam jenis belanja barang serta jasa serta belanja modal oleh belanja pegawai, maka dampak terburuk bagi daerah adalah kebangkrutan.




Anggaran Gaji PNS Tinggi 302 Daerah Terancam Bangkrut via mitra-kerja

No comments:

Post a Comment