Wednesday, June 5, 2013

Lowongan: Konsultan Pembuatan Media KIE Anti Bullying Berbasis SOGI

Arus Pelangi adalah organisasi non profit non pemerintah menganut prinsip independen, anti-diskriminasi, kesetaraan gender, anti-kekerasan, pluralisme, egaliter, serta imparsial dalam mewujudkan visi misinya; yaitu terus mendorong terwujudnya tatanan masyarakat bersendikan pada nilai-nilai kesetaraan, berprilaku serta memberikan penghormatan terhadap hak-hak kaum lesbian, gay, biseksual, transeksual, serta transgender (LGBT) sebagai hak asasi manusia. Ruang lingkup kerja Arus Pelangi terbagi dalam 4 pilar strategi yaitu advokasi, kampanye, pendidikan, serta pengorganisasian.

Sejak tahun 2010, Arus Pelangi bekerjasama dengan RFSL Swedia dalam program untuk mengurangi tingkat diskriminasi serta kekerasan terhadap LGBT di 3 kota di Indonesia termasuk Jakarta, Jogjakarta,dan Makasar. Dalam program ini Arus Pelangi bekerjasama dengan Komunitas Sehati Makasar(KSM) serta People Like Us Satu Hati Jogjakarta (PLU).

Di Indonesia sendiri, sulit mendapatkan data konkrit terkait prilaku kekerasan serta diskriminasi terhadap siswa/i disekolah, namun dari hasil diskusi dengan berbagai pihak ditemukan bahwa tindakan kekerasan termasuk bullying terhadap siswa/i oleh seniornya (bahkan Guru) masih sering terjadi sampai saat ini. Pihak sekolah sering menutup mata akan masalah ini. Hal ini tentu saja sangat meresahkan para korban serta siswa/i di sekolah tersebut. Pemerintah sendiri juga masih belum mempunyai metode tepat untuk mengurangi tingkat bullying di sekolah.

Untuk itu, perlu adanya upaya bisa mengurangi tingkat diskriminasi serta kekerasan di lingkungan sekolah hanya karena ekspresi gender serta sikap anak-anak ini dianggap a tbedaa t (cowok feminim maupun cewek tomboi) oleh norma-norma setempat dengan cara memberikan pendidikan mengenai a tAnti Bullying berbasis SOGIa t kepada remaja, khususnya pada tingkat SMU sederajat di tiga kota, yaitu: Jakarta, Jogjakarta serta Makassar.

Sebagai bagian dari program ini, Arus Pelangi, KSM, serta PLU mengembangkan Modul Pendidikan Anti Bullying berbasis SOGI untuk mengurangi diskriminasi serta kekerasan terhadap siswa/i berbasis keberagaman ekspresi gender. Sebagai pelengkap dari modul ini, diperlukan materi Komunikasi Informasi serta Edukasi (KIE) untuk mendukung kampanye Pendidikan Anti Bullying berbasis SOGI memuat unsur Sexual Orientation and Gender Identity (SOGI), Bullying, serta Hak Asasi Manusia (HAM).

Oleh karena itu Arus Pelangi membuka lowongan untuk satu 621posisi, yaitu: Konsultan Pembuatan Media KIE Anti Bullying berbasis SOGI.

Konsultan diharapkan untuk:
Menghasilkan design media KIE untuk Kampanye Anti Bullying berbasis SOGI,Memastikan terintegrasinya konsep SOGI, HAM, serta Bullying ke dalam media KIE dikembangkan,Melakukan uji coba design media KIE, danMelakukan finalisasi design media KIE.Adapun kriteria dibutuhkan untuk posisi Konsultan ini adalah:Memiliki portofolio dalam mendesain beragam media KIE (video, pamphlet, brosur, komik, dll.)Memahami konsep SOGI, HAM, serta BullyingMemahami dan/atau pernah menjadi bagian dari pergerakan LGBT di Indonesia,Memiliki perspektif terbuka terhadap keberagaman serta komunitas LGBT di Indonesia,bisa mengoperasikan berbagai aplikasi (software) design serta multimedia, danbisa bekerjasama dalam tim, bisa bekerja dibawah tekanan, teliti, cepat belajar, flexible, serta positif thinker.Lowongan ini terbuka bagi komunitas LGBT serta sahabat-sahabat komunitas LGBT.
Kirimkan Proposal berikut Penawaran Harga serta Profil Konsultan ke alamat surat elektronik [surel/email]: ap--at--aruspelangi.or.id, cc: anna--at--aruspelangi.or.id.

Lamaran ditunggu paling lambat tanggal 22 Juni 2013 dengan tidak lupa menuliskan Kerja-NGO.com pada badan Surel.

Salam keberagaman,
Arus Pelangi

LOWONGAN KERJA NGO SELENGKAPNYA DISINI

LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui surat elektronik [surel/email] Anda. Click Subscribe Now!




Lowongan: Konsultan Pembuatan Media KIE Anti Bullying Berbasis SOGI via kerja-ngo

No comments:

Post a Comment