Sunday, April 7, 2013

Waspadai Penipuan SMS Berkedok Lowongan Kerja

Banyak cara dilakukan para penipu untuk mendapatkan uang haram. Salah satunya melalui lowongan kerja disebar melalui pesan singkat.

Leni 6226seorang karyawan swasta di Pontianak mengaku pernah menerima pesan pendek (SMS) dari nomor 6285219308822 menawarkan lowongan kerja di PT Pertamina. Kira-kira saya dapatkan sms tersebut sekitar Februari, Saya enggak gubris sms tersebut, karena sebelumnya saya sudah Kirimkan surat lamaran ke Pertamina Regional Kalbar, jadi belum sempat buka, surat elektronik [surel/email]nya, ungkapnya kepada Okezone, Minggu (7/4/2013).

Hal senada juga diungkapkan, Dinda 6226warga Komyos Sudarso Jalur satu mengaku pernah mendapatkan sms lowongan pekerjaan. SMS tersebut, berisikan, PT FREEPORT INDONESIA menerima karyawan L/P lulusan S1, S2, D3, D4 kirim daftar riwayat hidup, no hp, pas fhoto 4x6 kirim via surat elektronik [surel/email]: FREEPORT--at--asia.com . Smsnya seperti itu, saya catat surat elektronik [surel/email]nya, siapa tahu saya butuh, tapi sampai sekarang tidak saya buka lagi sms-nya, hanya dilihat saja satu kali, katanya.

Sementara itu, Junior Sales Executive Retail VII Pertamina Wilayah Kalbar Fakhri Rizal Hasibuan memastikan, pemanggilan lamaran Pekerjaan PT Pertamina tidak diinformasikan melalui telepon tetapi SMS. Memang beberapa waktu lalu, ada melapor serta lowongan pekerjaan melalui SMS, serta itu tidak benar, Pertamina tidak pernah membuka lowongan pekerjaan melalui sms, jadi sms itu adalah penipuan, serta masyarakat jangan mudah tertipu, terangnya.

Kata Dia, rekrutmen calon karyawan PT Pertamina dilakukan melalui website resmi PT Pertamina pusat. a �Proses pendaftaran serta penerimaan tidak dikenakan biaya dalam bentuk apapun. Kalau untuk Pusat penerimaanya melalui Website resmi kami, di dalamnya akan tertera persyaratan serta lainya sebagainya, serta untuk The Integrated Carees kami biasanya melakukannya di Universitas dan/atau perguruan tinggi, sedangkan untuk Pertamina Regional, kami lakukan melalui pengumuman di melalui media lokal, serta gratis, jelasnya.

Dia berharap, masyarakat bisa jeli serta tetap waspada terkait penipuan lowongan pekerjaan saat ini marak.

Terkait hal itu, Humas Polda Kalbar AKBP Mukson Munandar mengimbau masyarakat harus lebih waspada terhadap pesan singkat dilakukan pihak tidak bertanggungjawab dengan mengimingi lowongan pekerjaan ataupun pemberitahuan tidak jelas.

Semua SMS diterima serta tidak jelas, harus diselidiki kebenarannya jangan dilayani, serta jangan mudah tertipu, terutama mengenai lowongan pekerjaan, dan/atau informasi lainya, ujung-ujungnya meminta biaya, masyarakat harus mengecek ke kantor perusahan perwakilan ada, sehingga bisa mengetahui kebenaran dari sms tersebut imbaunya.




Waspadai Penipuan SMS Berkedok Lowongan Kerja via mitra-kerja

No comments:

Post a Comment